tugas


ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 1 BARENG





Disusun Oleh :
EDI SANTOSO
4114045

UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG
FAK  / PRODI : TEKNIK / SISTEM INFORMASI
2016

EDI SANTOSO
Program Studi Sistem Informasi - S1, Fakultas Teknik,
Universitas Pesantren Tinggi darul ‘ulum Jombang

Dosen Pembimbing
 Endang Kurniawan, S.Kom., M.M., CEH, CHFI, CIPM


Latar Belakang
Objek penulisan ini ditujukan pada smpn 1 bareng jl.myjen s.parman yang pada asarnya perpustakaan sekolah diciptakan sebagai falitas yang memudahkan siswa dalam memperoleh informasi mengenai buku – buku referensi yang dibutuhkan dalam kurikulum pendidikan.
Untuk memberi kemudahan menyusun data – data administrasi dan laporan kegiatan perpustakaan, maka penulis merancang  sistem komputerisasi di perpustakaan smp negeri 1 bareng dengan membuat aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman html, php , css. Menggunakan server apache dan data base mysql.
Sebagai tugas mata kuliah pengembangan dan implementasi sitem informasi.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengangkat judul  “ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 1 BARENG
Sistem tersebut adalah berupa perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah data perpustakaan.


Tujuan :
1.    agar proses kerja di perpustakaan SMPN 1 BARENG  milai dari mengelola data buku, data anggota, data peminjaman dan pengembalian , pembuatan loran dan pengambilan kepusan agar lebih cepat dan efisien.
2.    meminimalisir kesalah transaksi penambahan buku, peminjaman dan pengembalian, pembuatan laporan.
3.    meminimalkan ruang penyimapan dan resiko kehilangan data yang rusak atau hilang.

Identifikasi masalah :
Permasalahan :
1.         Data yang disimpan di perpustakaan SMPN 1 Bareng masih bersifat manual.
2.    Terdapat banyak data seperti data buku, peminjam, kehadiran yang disimpan secara manual atau dengan kertas.
3.    Proses penambahan, peminjaman serta pengembalian yang dilakukan secara manual sehingga proses menjadi tidak efisien.
4.    Untuk melihan laporan perpustakaan mengenai peminjaman atau pengembalian buku yang yang harus dilakukan secara manual yang membuat kerja petugas menjadi kurang efisien.
5.    penyimpanan data secara manual menumbulkan resiko yang lebih besar dibandingkan dengan metode sistem atau komputasi.
6.    penyimpanan data manual akan lebih membutuhkan biaya dan ruang sebain media penyimpanan.
7.    pembuatan laporan yang tersistem secara komputasi akan menghasilkan informasi yang lebih akurat dan cepat.

Batasan masalah
1.    Aplikasi ini ditujukan untuk SMP NEGERI 1 BARENG khususnya di bidang perpustakaan.
2.    membantu tugas admin atau petugas perpustakaan sekolah dalam hal pengolahan data anggota, data buku, transaksi peminjaman, transaksi pengembalian, informasi denda, laporan harian, laporan bulanan dan laporan tahunan serta juga dapat mencetak hasil laporan.
3.    Dalam aplikasi ini admin dapat mengubah password, manambah , mengedit, menghapus anggota. Menambah buku, edit buku dan hapus buku. Admin juga bisa melihat laporan serta informasi denda, pengembalian dan peminjama. Pencarian data naggota dan buku.
4.    Aplikasi iini berbasis web menggunakan bahasa pemrograman php, css dan html. Menggunakan server apache serta database mysql.

Analisis kebutuhan :
1.         data siswa :
                        Nis(*), nama_siswa(*), kelas, jenis_kelamin, status ( Kode_buku  = primary key ).
2.         data buku :
Kode_buku(*), judul_buku, kategori, pengarang, jumlah, status (kode_buku = primary key).
3.         data peminjaman :
Kode_peminjaman(*), tanggal_pinjam(*), tanggal_kembali(*), jumlah_pinjam(*) (Kode_peminjaman = primary key ).
4.         data denda :
                        Id_denda(*), nis, kode_buku, jumlah_denda (id_denda = primary key).


Kebutuhan fungsional :
Fungsi dari sistem ini adalah :
1.         login dan logout untuk admin perpustakaan.
2.    pengelolaan buku oleh admin berupa tambah buku, edit buku, hapus buku, melihat dartar buku yang dipinjam dan statistik setiap buku.
3.    mengelola data anggota berupa tambah anggota, edit anggota, hapus anggota, melihat anggota yang meminjam buku dan tidak.
4.         mengelola peminjaman buku oleh siswa dan proses pengembalian buku.
5.    mengelola proses denda berupa mengedit nominal denda yang disandangkan kepada anggota yang terlambat mengembalikan buku dan proses pengembalian buku. melihat daftar anggota menyandang denda beserta detainya.
6.    dimenu laporan, terdapat informasi statistik atau laporan tentang buku dan anggota perharinya, perminggunya dan perbulannya, denda dan keterangan,  perintah print untuk mencetak laporan.
7.    dimenu tools, admin dapat mengubah password.


Desain sistem :
1. login admin.


           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar